No Comments 118 Views

INDAHNYA PULAU SIUMAT

Pagi itu, kapal yang bermesin empat peston itu melaju dengan kecepatan sedang membawa Tim Medis Muda yang cinta akan alam Simeulue: (dr.Gusti Fungani Harti/Nini, dr.Joni Ten/Joni, drg.Farhan /farhan, dr.Indah Dena Martila /indah, dr.Fauzan Ibdra M Lubis/Fauzan, dr.Matdhika Sakti /Dika, Nanang soma monika /Nanang, Putri Raisa /Pugel, bersama Explore Simeulue menuju Pulau Siumat yang terletak di luar Teluk Sinabang. Melewati teluk Sinabang yang tenang dan beberapa pulau kecil yang mengitari teluk. Banyak perahu nelayan yang sedang memancing ikan yg di temui sepanjang pelayaran. Gundukan pulau pasir putih menambah indahnya lukisan alam.

Satu jam sudah perjalanan tiba-tiba mesin kapal yang kami tumpangi mangurangi kecepatannya dengan tiba-tiba, STRIKE..!!! Kata dokter Joni yang kebetulan sejak keluar teluk tadi sudah mengulur kailnya di buritan kapal. Dengan sedikit menguras tenaga dokter yang sedang strike itu menarik kailnya. Kami semua berlarian keburitan kapal untuk melihat sang dokter menarik tangkapannya.. Mungkin Tuna, kata dokter… Aduhhhhh… Lepaaaas… Rupanya tenaga si tuna lebih kuat di banding tali pancing pak dokter.. Akhirnya kami semua cuma tertawa melihat kekesalan Pak dokter yang tidak mendapat tangkapannya. Dari kejauhan Pulau Siumat sudah mulai terlihat jelas burung elang laut terlihat menyambar ikan, biru laut yang jernih laksana kolam renang hotel bintang lima. Ombak pun mengombang-ambing kapal yang kami tumpangi semakin menambah lengkap merasakan Trip bersama Explore Simeulue. Perlahan dan pasti kapal mulai merapat di dermaga kecil di Pulau Siumat. SELAMAT DATANG DI PULAU SIUMAT.

Murid-murid SD dan SMP sudah siap menunggu kedatangan kami. Betapa tidak, sebelum Explore Simeulue datang kebetulan saat ini yang datang adalah para dokter RSUD Simeulue dengan membawa bingkisan untuk dibagikan kepada murid-murid berupa buku dan alat tulis sekolah, berwisata, sekalian ingin berbagi dengan murid sekolah satu atap di Pulau Siumat. Sekitar pukul 11.00 kami tiba di Pulau Siumat, kami diterima oleh kepala sekolah dan guru. Tepat dihalaman sekolah, bingkisan yang kami bawa mulai di bagikan. Murid-murid sangat senang dan gembira. Dari wajah mereka terlihat senyuman bahagia dan semakin termotifasi untuk tetap bersekolah dimanapun berada. Hujan deras yang tiba-tiba mengguyur seakan menyambut kedatangan kami, tidak membuat mereka bubar, walau sedikit basah anak-anak tetap berebutan.. Jangan rebutan, kata dokter Nini, “Semua pasti kebagian”. Setelah buku dibagikan, dengan diantar salah seorang guru, kami trekking kearah pantai di seberang pulau yang menghadap Pulau Sumatera.

Dengan menapaki jalan setapak diantara pohon kelapa Explore Simeulue juga bertemu dengan masyarakat yang menyapa kami dengan ramah. Sambil jalan dokter Nini bilang kita seperty dalam Film Cast Away yg cukup terkenal itu. Kita laksana tersesat di negeri dongeng yang cukup indah. Dengan suasana yang masih alami. Gurauan demi gurauan dalam perjalanan akhirnya kami sampai di pantai yang cukup indah, Pantai Kampung Lawe namanya. Pasir putih yang halus dan karang yang indah terhampar di depan mata. Alangkah indahnya pulau ini. Setelah menikmati makan siang dan shalat dzuhur, tak tahan rasanya segera bergeges menyeburkan diri ke air laut yang jernih dengan riak-riak ombak kecil di seputar pantai. Life jacket dan alat snorkeling mulai disiapkan unt snorkeling.

Dari kejauhan drg.Farhan melambai tangan.. Disini … coba nyelam disini ikannya banyak. Satu demi satu mulai mencoba snorkeling.Ternyata asyik juga ya.. Melihat ikan ikan-kecil.. Rasanya seperti di dunia lain.. Kata dr. Nini.. Entah apa maksudnya dunia lain… Tapi memang benar, kala kita nelihat kehidupan di air.. Memang kita seperti di dunia lain.. Seakan berkata LINDUNGI KAMI, LINDUNGI TERUMBU KARANG SEBAGAI TEMPAT KEHIDUPAN KAMI.. Setelah puas berenang dan menikmati indahnya terumbu karang, tak terasa waktu kian berlalu mataharipun mulai condong ke barat.. Drg. Farhan yang saat itu sudah berada di pantai karena kelelahan berenang sambil melambaikan tangan kearah rekan yang lain.. Halo semua.. Waktu kita hampir habis.. Waktunya kembali ke kapal. Sambil berkemas dan membersihkan serta mengumpulkan sampah plastik dokter Joni bilang, “Semua teman-teman yang suka rekreasi di pantai, sampah jangan di tinggalkan, harus dibawa pulang, demi keberlangsungan, keindahan dan kelestarian alam kita OK”. Saat perjalanan pulang, sambil menyanyikan lagu-lagu ala pasukan, kami kembali menuju kedermaga untuk kembali ke dararan PULAU SIMEULUE ATE FULAWAN.. See next trip..

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Dermaga di Pulau Siumat

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Snorkeling dan berenang di Pulau Siumat

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Menikmati indahnya pasir putih di Pulau Siumat

AQILA 06

Pulau Limau

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Rentang Hamock

This photo is taken with Brica B-PRO5 Alpha Edition mk.¢ò

Snorkeing and swimming

AQILA 09

Berenang dan Snorkeling

AQILA 11

Sang Elang menyambar ikan

AQILA 04

Pesona Pulau Siumat

IMG20180630140241

Pantai Kampung Lawe//Pulau Siumat

IMG20180630135433

Makan Siang lesehan di pasir putih

IMG20180630101909

Ayo Explore Simeulue… !!!! Ayo ke Simeulue

 

 

 

 

Comments

comments

About the author:
Has 19 Articles

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Calendar Event
March 2019
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
NEWSLETTER

Back to Top